SMK TELKOM Masuk 50 Besar

Salah satu Kepala Sekolah sedang presentasi di depan Juri dan peserta lainnya

Program Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa oleh Direktorat Pembinaan SMK Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dilaksanakan dengan berbagai cara. Pertama para Kepala Sekolah SMK dikumpulkan untuk diberikan bimbingan teknis dalam melaksanakan Pendidikan Karakter. Kegiagan seleksi ini berlangsung awal Juni lalu di 3 tempat yaitu Jakarta, Surabaya dan Makasar.  Dari 450 sekolah yang diikutkan Bimtek, dipilih 100 sekolah yang mempunyai Proposal Pengembangan terbaik. Dari 100 sekolah tersebut, dipilih 50 sekolah terbaik yang kemudian diundang ke Cipayung Bogor untuk mempresentasikan pelaksanaan Pendidikan Karakter di sekolah masing-masing.

SMK TELKOM termasuk salah satu di antara 50 sekolah tersebut. Abdul Karim, Kepala SMK Telkom Banjarbaru berangkat ke lokasi untuk memenuhi undangan acara Diseminasi Manajemen dan Pembelajaran Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Acara berlangsung di Hotel New Ayuda mulai 27 sampai dengan 30 Oktober 2014. Dari Kalsel ada 5 sekolah yang diundang, yaitu SMKN 1 Banjarbaru, SMKN 1 Barabai, SMKN 1 Kandangan dan SMKN 2 Kandanagn. Jadi SMK Telkom adalah satu-satunya SMK Swasta. Nantinya dari 50 SMK terbaik ini akan dipilih 3 pemenang.

SMK Telkom Banjarbaru menonjolkan program andalan yaitu Operasi Tutup Gerbang 07.30 dalam rangka pembinaan karakter disiplin dan Operasi Kelas Bersih untuk mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan.

 

 

Seminar Effective Communication Skill

DR (cand) Ir, Drs. Sanusi, M.Ikom

Dalam rangka meningkatkan kemampuan guru guru dalam berkomunikasi secara efektif dalam kelas selama proses pembelajaran, SMK TELKOM SANDHY PUTRA Banjarbaru mendatangkan pakar komunikasi dari Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin DR (cand) Ir, Drs, Sanusi, M.IKom. Seminar yang diikuti oleh sekitar 40 orang guru SMK TELKOM tersebut diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2014. Kegiatan ini adalah agenda rutin 3 bulanan dalam rangka mengupgrade knowledge dan skill para guru. Kepala Sekolah menyampaikan bahwa mengajar itu pada dasarnya belajar kembali.

Bimtek RPP dan Format Nilai K13

Dalam rangka menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMK Telkom Sandy Putra Banjarbaru mengundang Aries Eko Wibowo,S.Pd, MM dari SMU Negeri 2 Banjarbaru untuk memberikan bimbingan teknis bagaimana menyusun RPP dan membuat format penilaian berbasis Kurikulum 2013.Selama setengah hari penuh (21/09/2014) para guru SMK Telkom diberikan penyuluhan sangat detil oleh Aries. Perlu diketahui bahwa aplikasi format nilai K13 yang disusun pak Aries adalah yg terbaik ditingkat nasional.

Aries Eko Wibowo, S.Pd, MM

SMK TELKOM JAWARA BASKET

Tim basket SMK TELKOM menjadi juara pertama dalam kejuaraan basket yang diadakan Poliban Unlam Banjarmasin. Piala juara diserahkan para pemain kepada kepala sekolah pada apel bendera 20 Oktober 2014.