Hari #1 : Bahasa Indonesia

Hari pertama Ujian Akhir Nasional ditandai dengan kegugupan para guru. Mengenai distribusi soal sudah lancar, tidak seperti tahun lalu. Tinggal para siswa yang masih saja datang terlambat, membuat jantung gurunya empot-empotan. Tiga orang siswa terpaksa harus berlari kencang mengejar bell UAN.

Kesan mereka setelah tuntas melahap 50 soal Bahasa Indonesia. “cukup bisa dimengerti”. Tidak terlalu sulit. Artinya apa yang diujikan pada umumnya telah mereka pelajari.

Tim dukungan teknis yang dibentuk Kepsek SMK Telkom Banjarbaru untuk membantu kelancaran pelaksanaan ujian juga bekerja maksimal. Sehingga segela sesuatunya berjalan lancar. Hanya satu siswa yang keliru menulis namanya. Untung para pengawas cukup jeli melihat kesalahan tersebut sehingga dapat dibetulkan sebelum Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) disegel.

Tim Pengawas Independen dari Universitas Lambung Mangkurat hadir sejak awal dan mengikuti jalannya UAN sampai selesai. Demikian pula dari Kepolisian RI yang menurunkan dua petugas ke TKP, mengawal mengambilan soal dan pengantaran LJUN ke Diknas Kota Banjarbaru.

Tim Pengawas dari Diknas juga turun ke lokasi untuk memantau dari dekat jalannya Ujian.

 

170 Skatelovers siap tarung

Muhammad Maghfirah, siswa Kelas XII B, mengikuti Istighosah jelang Ujian Akhir Nasional 2014

Hari ini (14/4/14) sampai 16 April nanti para siswa/siswi SMU/SMK/MA di seluruh tanah air mengikuti Ujian Akhir Nasional. Sebanyak 170 siswa SMK Telkom Banjarbaru menjadi bagian dari sekitar 4300 orang siswa di Kota Banjarbaru yang akan mengikuti UAN tersebut.

Berbagai persiapan telah dilakukan, baik yang bersifat langsung berupa bimbingan belajar di sekolah maupun yang bersifat pemberian motivasi. SMK Telkom Banjarbaru menyusun program persiapan UAN berupa Bimbingan Belajar, Try Out UAN Propinsi Kalsel dan Try Out UAN  Kota Banjarbaru. Doa bersama, shalat Hajat, Kunjungan ke Panti Asuhan, Apel kesiapan dan lain sebagainya.

Pemerintah kota Banjarbaru juga membuat program gabungan seperti monitoring siswa saat belajar, Kunjungan ke sekolah-sekolah oleh Kabid Dikmen,  Istigosah bersama di Masjid Agung Al-Munawarah yang dihadiri oleh Walikota Banjarbaru.

Untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan UAN, Kepsek SMK Telkom membentuk Tim Dukungan Teknis UAN dengan tugas menyiapkan segala macam sarana seperti ruangan ujian, ruang panitia, ruang pengawas, penempatan nomor ujian, membuat berbagai petunjuk lokasi, konsumsi para pengawas, melayani tim pengawas independen dan transportasi pengambilan soal ujian di Polres Banjarbaru.

Semoga segala macam ikhtiyar tersebut membuahkan hasil yang positif bagi kesuksesan ujian nasional dan bagi dunia pendidikan Republik Indonesia, khususnya lagi bagi siswa-siswi penerus bangsa.

 

Skatel Banjarbaru dapat BOM

Forum Penyebaran Informasi mengenai bantuan operasional untuk SMK di Kalsel yang dilaksnakan di Banjarmasin 7-8 April 2014

Pemerintah Kota Banjarbaru memberikan Bantuan Operasional Manajemen Mutu Sekolah kepada SMK Telkom Banjarbaru sebesar Rp. 56 juta lebih. Bantuan itu dimaksudkan untuk meningkatkan mutu kinerja sekolah dalam melaksanakan pengelolaan dan peningkatan mutu proses dan hasil pendidikan setiap sekolah.

Pemberian bantuan untuk Skatel itu ditetapkan dengan Keputusan Walikota Banjarbaru Nomor 188.4.45/163/KUM/2014 tentang Pemberian Bantuan Operasional Manajemen Mutu Sekolah Bagi Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan Kota Banjarbaru tahun 2014.

Disebutkan dalam Keputusan tersebut bahwa dana yang diberikan itu harus dipergunakan untuk (1) Belanja Alat Tulis (2) Belanja Alat dan Bahan Kebersihan (3) Belanja Bahan Praktek untuk Sekolah (4) Belanja Cetak (5) Penggandaan.

Kepala Sekolah bersama bendahara wajib melaporkan penggunaan dana tersebut kepada Walikota  melalui Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru.

 

Sosialisasi UAN for Ortu

Jarminto (Wakakur) menjelaskan UAN kepada ortu siswa SMK Telkom Banjarbaru

Sukses Ujian Nasional adalah tanggung jawab semua pihak. Dalam hal ini orang tua termasuk salah satu pihak dimaksud. Jadi para beliau yang telah menitipkan anaknya bersekolah di SMK Telkom itu perlu diberitahu bahwa sebentar lagi putra-putri mereka akan menjalani Ujian Akhir Nasional yang akan berlangsung 14-16 April 2014.

SMK Telkom Banjarbaru mengundang para orang tua/wali murid, agar mereka lebih jauh mengetahui apa dan bagaimana UAN yang akan diikuti oleh anak-anak mereka itu. Sabtu lalu (5/4/14), sekitar 100 orang tua/wali  siswa kelas XII tumplek di Skatel memenuhi undangan Kepsek SMK Telkom. Jarminto (POH Kepsek) menjelaskan secara rinci mengenai jadwal UAN, ketentuan kelulusan, dan sekaligus melaporkan apa saja yang telah dilakukan sekolah yang secara khusus diprogramkan untuk menyukseskan  UAN.

Jumlah orang tua yang hadir tersebut hanya sekitar 70% dari total siswa kelas 3, salah satu kendala mungkin karena banyak orang tua yang berada di luar kota Banjarbaru. Jarminto berpesan agar para orang tua turut mengawasi kegiatan sehari-hari anak masing-masing khusus pada saat minggu-minggu ujian berlangsung.