Keuntungan belajar di SMK TELKOM

Telkom Foundation memberikan kemudahan-kemudahan kepada lulusan SMK maupun SMA yang berada dalam lingkungan Yayasan Sandhykara Putra Telkom dalam menempuh study di perguruan tinggi yang dikelola Telkom Foundation. Program ini adalah bagian dari One Pipe Education System (OPES), sebuah program yang dijalankan oleh Telkom Foundation guna memberikan value yang lebih kepada masyarakat yang menyekolahkan anak-anaknya di SMK/SMU Telkom.

Ada 3 perguruan tinggi yang saat ini dikelola Telkom Foundation yang masuk dalam jaringan OPES yaitu Telkom University di Bandung, Akademi Telekomunikasi di Jakarta dan Sekolah Tinggi Telematika Telkom (ST3) di Purwokerto. Ketentuan mengenai benefit ini telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Telkom dan Yayasan Sandhykara Putra Telkom Nomor : KEP­0207/00/DPS­07/YPT/2015 dan Nomor : KEP­0085/00/DPS­07/YSPT/2015 tanggal 24 Februari 2015.

Kebijakan ini sangat menguntungkan bagi Pesert Didik yang bersekolah di SMK Telkom. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain dalam bentuk :

1. Beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Telkom University/ ST3 Telkom Purwokerto/ Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta untuk 10 (sepuluh) Lulusan terbaik. Ketentuan yang diberlakukan adalah sebagai berikut :
a. Lulusan peringkat 1 sampai dengan 5 yang masuk program Strata 1 semua Prodi non Internation Class dibebaskan biaya UP3, SDP2, dan Diskon 50% BPP.
b. Lulusan peringkat 1 sampai dengan 10 yang masuk ke program D3 dibebaskan biaya UP3, SDP2, BPP, dan biaya Asrama.
UP3 = Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan. SDP2 = Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan. BPP = Biaya Penyelenggaraan Pendidikan. BPP adalah biaya yang dibayar setiap semester mulai dari semester 2. Besarnya diskon untuk BPP tergantung pada index prestasi mahasiswa. Apabila IP kurang dari 3 maka diskon tidak diberikan.
2. Diskon sebesar 50% untuk biaya UP3 dan SDP2, bagi lulusan lainnya yang masuk program D3 di ketiga Perguruan Tinggi tersebut.
3. Kemudahan melanjutkan studi dari D3 ke S1 di ST3 Telkom Purwokerto atau Telkom University dengan hanya membayar selisih tarif Dana Pembangunan atau UP3 & Dana Pengembangan atau SDP2 program S1 yang dituju dengan tarif biaya eksisting.
Setidaknya tiga keuntungan tersebut didapat bagi siswa lulusan SMK Telkom.

Di samping itu, bagi yang ingin bekerja setelah lulus SMK Telkom dapat dengan mudah diterima di anak perusahaan PT Telkom yaitu PT TELKOM AKSES. Kemudahan ini didukung oleh kompetensi yang dimiliki lulusan SMK Telkom khususnya jurusan Network Access adalah kompetensi yang diperlukan oleh PT TELKOM AKSES. Mengenai penyaluran lulusan ini, SMK Telkom Banjarbaru mempunyai Memorandum Of Understanding (MoU) dengan PT TELKOM AKSES sejak tahun 2013. Hingga kini, ratusan alumni SMK Telkom telah bekerja di PT TELKOM, PT TELKOM AKSES maupun anak perusahaan Telkom lainnya seperti TELKOMSEL.

Beasiswa Karyawan/Guru Tetap Yayasan

Yayasan Sandhykara Putra Telkom memberikan bantuan biaya study kepada karyawan yang diatur dalam Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Nomor : Kep. 0122/00/DGA-02/YSPT/2015 TGL 27 Maret 2015 tentang Bantuan Biaya Study lanjut guru tetap/pegawai tetap. Ketentuannya adalah sebagai berikut :
1. Status karyawan yang dapat diberikan bantun studi adalah Karyawan Tetap atau Guru Tetap.
2. Tingkat Pendidikan adalah S1, S2, dan S3.
3. Jurusan yang dipilih : Sejalur dengan Bidang Penugasan.
4. Perguruan Tinggi yang dipilih Terakreditasi minimal B.
5. Index Prestasi Minimal 3,00 untuk S1, 3,25 untuk S2 dan S3.
6. Besarnya bantuan per Semester maksimal Rp. 2.500.000 untuk S1, Rp. 3.500.000,- untuk S2 dan Rp. 5.000.000,- untuk S3.
7. Bantuan tidak diberikan apabila cuti akademik.
8. Bantuan diberikan maksimal untuk selama 8 semester S1, 4 Semester S2 dan 6 Semester S3
9. Dokumen-dokumen persyaratan :
a. Keterangan Lulus Seleksi.
b. Salinan surat keterangan masih aktif sebagai mahasiswa.
c. Salinan laporan kemajuan studi tiap semester yang dilegalisir pihak kampus.
10. Pimpinan (Kepsek) memberikan rekomendasi.
11. Karyawan yang telah diberikan bantuan wajib melaksanakan ikatan kerja minimal selama 2 N + 12 bulan. (N = masa bantuan pendidikan dari yayasan).
12. Membuat Pernyataan bersedia wajib kerja sesuai dengan butir K di atas dengan ketentuan apabila melanggar dikenakan sanksi mengembalikan biaya 150% dari bantuan yang telah diberikan.
13. Bantuan tidak diberikan bagi karyawan yang sudah lulus sebelum 27 Maret 2015.
.

Asesmen Stage-1 di SMK Telkom Banjarbaru

Selama 3 hari, 20 sampai 22 Mei 2015 Tim WQA Jakarta datang ke SMK Telkom Banjarbaru untuk melaksanakan asesmen Stage-1 dalam rangka persiapan Sertifikasi ISO 9001:2008. Suyadi dari WQA Jakarta, didampingi oleh QMR Mahdiansyah mendatangai satu demi satu unit kerja di SMK Telkom untuk memeriksa semua proses/prosedur, catatan kerja dan evident terkait dengan ISO.
Catatan-catatan dari Assesor akan dijadikan referensi bagi SMK Telkom dalam melakukan improvement (perbaikan) sistem kerja, melengkapi petunjuk kerja atau bahkan menetapkan prosedur baru dalam bekerja.

Kepsek mewisuda 166 Skatelovers

Disaksikan Ketua Yayasan Sandhy Kara Putra Telkom Dwi Sasongko Purnomo dan Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkot Banjarbaru, Kepsek SMK Telkom Abdul Karim Selasa lalu (19/5/15) mewisuda 166 lulusan 2015 SMK Telkom Banjarbaru. Mengambil tempat di Hall Grand Dafam Banjarbaru, wisuda ke 14 SMK Telkom berlangsung meriah, khidmat dan lancar. Para orang tua/wali siswa yang juga hadir di acara tersebut dengan penuh suka cita menyaksikan anak-anak mereka menaiki panggung kehormatan untuk menerima kalungan medali wisuda dari Kepsek dan surat tanda kelulusan dari Ketua Prodi masing-masing.
Dari 166 wisudawan/wati tersebut 3% dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Baik dan 97% predikat Baik. Dodik Pramoni dinyatakan sebagai Lulusan terbaik Sekolah. Sedangkan untuk Ujian Nasional nilai terbaik diraih oleh Adhitya Perdana Syahputera.