Liburan Siswa Magang Ikuti aturan setempat

Puasa baru masuk hari ke-4, namun masalah libur lebaran sudah mulai diperbincangkan. Mungkin karena menurut kalender resmi tercantum tanggal merah untuk Idul Fitry ada di hari Senin dan Selasa  (28-29 Juli) sehingga akan ada libur yang cukup panjang, ditambah kebiasaan pemerintah menetapkan cuti bersama. Adapun sekolah(SMK Telkom Banjarbaru) sudah menetapkan libur menjelang lebaran mulai 21 Juli hingga 10 Agustus. Namun ketentuan libur tersebut tidak berlaku untuk siswa kelas XII yang sedang magang.  Liburan Hari Raya untuk siswa magang mengikuti ketentuan Liburan yang diatur oleh instansi/kantor dimana yang bersangkutan praktek.

Jadi bagi pemagang yang di luar kota yang akan mudik saat lebaran, segeralah cari info ke pihak HRD setempat agar lebih dini menyiapkan transportasi mudik. Perlu kami tegaskan sekali lagi disini bahwa siswa magang harus mengikuti ketentuan libur dari Kantor dimana siswa magang berada. Jangan sekali-sekali mengikuti tanggal liburan sekolah. Pihak sekolah akan memberitahukan hal ini kepada para Manager/Kepala Kantor di lokasi praktek.

 

Fujita : di TVRI adakah ilmu TJA?

Email dari Fujita :
Pak sy mau tanya jurusan saya skrng TJA dan saya magang di TVRI. tp
yang dikerjakan disana bukan jurusan TJA (bs dikatakan agak menyimpang
dr jurusan). Jadi,apakah sy harus pindah tempat magang atau bagaimana?
Trims :)

————–
Fujita IST,

Pilihan magang di TVRI yang telah Kamu ambil tentu ada pertimbangan yg reasonable, bukan sekedar pilih-pilih sekenanya. Mestinya ada alasan mendasar yang membuat Kamu memilih TVRI, kalau sekarang baru tahu di sana tidak ada pekerjaan yang sesuai dengan jurusan TJA, mungkin belum ketemu aja.
Setahu Admin, di TVRI juga ada sistim telekomunikasinya, karena TVRI merupakan media massa elektronik yang menggunakan teknologi telekomunikasi (transmisi), jadi di sana pasti ada pekerjaan yg sesuai dengan jurusanmu.
Saran Admin, minta kepada pembimbingmu di TVRI agar ditempatkan di bagian teknik transmisi. Kamu gali informasi yang terkait dengan jaringan (network) TVRI mulai dari Stasiun Pusat, stasiun daerah, sampai repeater-repeater. Kamu gambarkan teknologi transport apa yg mereka gunakan. apakah satelit, terrestrial, berapa frekwensi yg dipakai, berapa kanal yang tersedia, berapa kekuatan daya pancar, berapa luas wilayah yg di-cover. Cek juga sistim catu dayanya, perangkat studio dll. Kamu cari informasi bagaimana cara merawat tower, antena, feeder, radio dan lain sebagainya. Ingat pelajaran sistel khan, nan buat gambar sistem transmisi TVRI.
Tuch, banyak khan yang bisa kamu dapat di TVRI, jangan khawatir, apa yg terpampang di depan matamu adalah potensi yang yg dapat kamu kembangkan berdasar kemampuanmu.  Tulis dalam laporan magang dengan standar penulisan yg telah ditentukan.
Tetap semangat ya?….
Sampaikan salam Admin kepada Pembimbing Fujita di TVRI.

Vivit : Kerjaannya tiap hari sama, gmn dunk?

Assalamuallaikum…
Bapak saya mau nanya pak
Bagaimana kalau selama 3 bulan itu laporan nilai jurnal itu pekerjaannya sama terus yang di lakukan pak. 
 
Contohnya
 
Saya di unit DWB (divisi wirelles broadband)
 
Kerjanya menginstalasi access point ke tempat” perusahaan dan sekolah” seperti bikin kabel straight dll.
 
Itu bagaimana pak??
Berikan solusinya pak?
Atau sy harus menjelajah unit lain pak atau tetap saja di unit DWB??
 
MKasih pak 
 
 Jawaban Admin:
mbak Vivit yang baik, sabar dulu ya?….
Setiap hari pasti ada perubahan, kalau tidak berubah kita akan mati…hahahaha…..

Hal-hal yg berubah bisa berupa tempat, waktu, teman, tantangan, karakter pekerjaan dan tentu saja perasaan dan tingkat kemajuan pengetahuan. Jadi kalau pekerjaan hanya menginstalasi AP dari lokasi ke lokasi, maka yg perlu ditulis dalam jurnal adalah, nama lokasi, nama teman, nama pembimbing yg menyertai, serta pengalaman kamu pada hari itu, mungkin ada kendala dalam pekerjaan, atau ada cara baru yg kamu temukan.
 
Untuk menjelajah ke unit lain, silahkan saja atas seijin pembimbing dari DWB. Kalau memang itu kamu lakukan, jgn lupa meminta pembimbing di tempat baru dan infokan kepada admin ya?
 
Demikian mbak pipit, selamat bekerja dan bekerja sama.

Surat dari Andri Setiawan

Pa karim kamikan di sekolah dapat pelajaran NA tapi disini dapat prakerinnya dapat pelajaran TI itu pun hanya mendata pelanggan bilangin ada wifi aja sudah gitu aja pa gak ada pelajaran NA nya pa

Andri

Solusi :

Mas Andri….

Wifi itu juga bagian dari perangkat akses hanya ia bersifat nirkabel (wireless). di sana ada instalasi indoor-nya, sesederhana apapun. Setiap wifi yg kamu data, buat diagram/topografinya, mulai dari wifi sampai ke perangkat indoor di telkom. uraikan spek teknisnya. gmn prosedur instalasinya, bgmn cara swettingnya, bgmn cara pelanggan mengakses.
 
Nah…banyak khan…?
jadi jangan dikira pekerjaan kamu itu tak ada hubungannya dengan jurusan NA. Jangan ragu tanyakan kepada pembimbingnya apa yg saya sampai di atas. Kalo udah dapat data itu, kamu sudah punya satu tema untuk ditulis dalam laporan Prakerin nanti.
 
Btw, tolong infokan nomor telepon dan nama pembimbingmu ya?…. nanti admin bisa komunikasi ke beliau apabila diperlukan. Okey Andre?…
 
Selamat bekerja ya?