MoU Prakerin SMK

Praktek instalasi di perangkat aktif  jaringan  PT Telkom

Siswa SMK Telkom yang duduk di kelas XII wajib  menjalani Praktek Kerja Industri selama 3 bulan yang dijadwalkan Juli sampai dengan September. Guna memudahkan mendapatkan tempat praktek, secara terpusat telah terjalin kerja sama antara PT Telkom dengan Yayasan Pendidikan Telkom sehingga siswa SMK yang ingin praktek kerja di Telkom otomatis diterima. Namun diluar unit bisnis Telkom pihak Sekolah berupaya memperbanyak mitra kerja praktek.

Salah satu unit industri yang merespon positif kerja sama SPG (Sistim Pendidikan Ganda) ini adalah PT Angkasa Pura 1 Banjarbaru. Beberapa waktu lalu pihak Indosat juga mengajukan minat untuk menjalin kerja sama Prakerin dengan SMK Telkom Banjarbaru. Karena ternyata cukup banyak alumni SMK Telkom yang diterima kerja di PT Indosat.

PT Telkom Akses adala salah satu unit industri yang juga jadi incaran anak-anak Skatel dalam Praktek Kerja karena ilmu yang mereka dapat di sekolah, khususnya jurusan Teknik Jaringan Akses sangat cocok diterapkan di PT Telkom Akses yang membidangi bisnis konstruksi jaringan fiber optik.

Sebagai lembaga pendidikan, SMK Telkom membuka diri untuk bekerja sama dengan semua pihak khususnya dalam kegiatan yang menunjang kemajuan dunia pendidikan. Demikian pula yang diharapkan dari Sekolah ini, kiranya dunia industri dunia usaha (DIDU) bersedia menerima kehadiran anak-anak yang ingin praktek kerja di perusahaan/kantor mereka.

Selama ini, alhamdulillah sudah cukup banyak perusahaan-perusahaan yang bersedia menerima siswa SMK untuk praktek. Tahun lalu ada 164 siswa yang praktek, sebagaian besar masih di seputar Telkom Grup, hanya sekitar 30% yang praktek di luar Telkom.

Tempat-tempat praktek tahun lalu adalah PT Telkom Kandatel Banjarbaru, Kancatel Kotabaru, Witel Kalsel, Witel Kaltimsel, Witel Kaltimteng, Witel Kalteng, Kancatel Sampit, Witel Bekasi, Witel Bogor, Witel Jakarta Utara, Witel Madiun, Witel Malang, Witel Solo, Witel Jogjakarta, Witel Suramadu, Witel Semarang,  Witel Mataram,  Kantor Kominfo Jakarta, PT PIN Jakarta, Poltek Telkom Bandung, PT Adaro Tanjung, PT Angkasa Pura 1, TVRI Banjarmasin, Radar Banjarmasin,  Bappeda Kabupaten Banjar, PT Ekspertindo Mulia – Jakarta, dan PT Huawei Banjarmasin.

Untuk tahun ini, pendataan tempat praktek belum selesai dilakukan. Diharapkan akan lebih banyak lagi tempat-tempat praktek yang dapat dimasuki.

 

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.