Home / News SMK Telkom / Atraksi Panjat Tower

Atraksi Panjat Tower

Naik-naik ke Puncak tower, tinggi….. tinggi sekali

Salah satu keterampilan yang diajarkan di SMK Telkom adalah memanjat tower. Biasanya pekerjaan ini dilakukan dalam rangka memasang out door antenna atau BTS. Di SMK tersedia tower dalam ukuran kecil dengan ketinggian kurang lebih 20 meter. Dalam ukuran yang sebenarnya tinggi tower dapat mencapai 100 meter.

Memanjat tower tidak sekedar memanjat kayak memanjat pohon kelapa. Tetapi harus punya teknik tertentu. karena di ketinggian tower yang menjulang itu, teknisi telekomunikasi harus dapat mengendalikan dirinya sedemikian rupa agar dapat berkonsentrasi melaksanakan tugas, memasang antenna dengan presesi tertentu yang harus akurat 100%.  Salah sedikit saja dalam mengatur sudut, bisa-bisa sinyal frekwensi tidak terpancar dengan baik.

Tantangan lain yang dihadapi pemanjat tower adalah rasa takut ketinggian (hyperphobia). Tidak semua orang sanggup berada di ketinggian. Ada yang gemetar, gugup, bahkan ada yang pingsan karena takut ketinggian. Oleh sebab itu, setiap pemanjat tower wajib mengantisipasi segala macam kemungkinan dengan cara menggunakan sabuk pengaman.  Mengapa orang takut di ketinggian, banyak penelitian dilakukan untuk menjawab pertanyaan itu. Tapi tak perlu khawatir,  takut tersebut bisa disembuhkan dengan teraphy tertentu.

Namun dengan latihan dan kebiasan, rasa takut akan ketinggian itu insya Allah akan dapat dikurangi, meski tanpa harus teraphy khusus. Misalnya latihan 3 kali sehari memanjat tower, pagi – siang dan sore. Bagi pemanjat pemula, jangan lupa satu prinsip pemanjat tower yang harus dipegang, “ragu ragu lebih baik turun”.

Bagikan:

About Abdul Karim

Check Also

Panggilan Registrasi Ulang PPDB TP 2019/2020 Periode Desember 2018

Hai adik adik yang udah daftar di SMK Telkom Banjarbaru pada periode Desember 2018. Berikut …

Leave a Reply