Home / News SMK Telkom / Khatamul Qur’an SMK

Khatamul Qur’an SMK

Kegiatan Kajian Studi Islam (KSI) SMK Telkom Banjarbaru yang diadakan seminggu sekali di setiap malam Jum’at telah sampai pada siklus akhir yang ditandai dengan kegiatan Betamat (Khatamul Qur’an), yang dilaksanakan Kamis malam tanggal 21 Februari 2013 kemaren. Guru Agama Syamhudi memimpin siswa siswi Kelas III membaca Juz terakhir Al-Qur’an.

Kegiatan diawali dengan shalat maghrib berjamaah, lalu dilanjutkan dengan membaca surah Yasin dan shalat hajat, dilanjutkan dengan khataman dan ditutup dengan shalat Isya.  Sesuai tradisi masyarakat Banjar, acara Betamat selalu dilengkapi dengan suguhan makanan khas dari ketan dan telor itik rebus, acara khataman di SMK ini juga menggunakan tradisi tersebut.

Kepala Sekolah, Yanuariadi (Pak Yanu) yang hadir pada saat itu sempat bertanya-tanya tentang suguhan yang tidak biasa itu. Namun setelah dijelaskan bahwa ketan dan telor itu suguhan tradisional budaya Banjar dalam setiap acara Betamat, beliau jadi maklum dan langsung melahap ketan betamat dan telor-nya sampai habis.

Acara KSI ini sangat positif, diharapkan semua siswa yang beragama Islam dapat mengikutinya, sebagai tambahan pengetahuan dan keterampilan di bidang baca Al-Qur’an. Di sela kesibukan belajar yang didominasi oleh materi pengetahuan duniawi, ekskul di bidang keagamaan ini menjadi penting agar siswa mendapat porsi pengetahuan agama lebih lengkap disamping materi pejaran agama yang masuk dalam kurikulum.

Dengan pengetahuan dan pengamalan ajaran agama secara baik,  pada saatnya mereka akan tumbuh menjadi manusia dewasa yang berilmu dan berakhlaq yang karimah.

Bagikan:

About Abdul Karim

Check Also

SAMSUNG CSC

Cooling Down Kawula Siswa Kelas 3

Sebelum adanya pertempuran tepat hari Jum’at [ 8 Maret 2019 ] diadain malam cooling down, …

Leave a Reply