Home / My Opinion / Kuliah di Luar Kota

Kuliah di Luar Kota

Wow, kuliah di luar kota pasti merupakan pengalaman menarik. Namun sebelumnya perlu diketahui beberapa hal yang berbeda dari pada kuliah di kota sendiri.

Pertama, dari segi pembiayaan pasti lain, karena Anda harus indekos atau kontrak rumah, atau apapun namanya, yang jelas biaya kost itu harus disiapkan. Kedua, jauh dari orang tua dan kampung halaman. Itupun pasti, namanya juga kuliah di luar kota. Rasa rindu kampung halaman (home sick) biasanya dirasakan di awal-awal perkuliahan. Ketiga, kemandirian. Umumnya kost di tempat-tempat mahasiswa, jarang sekali melayani sekaligus dengan makan. Jadi anak kost harus cari makan di luar. Nah kalau Anda tidak pandai mengatur waktu, bisa-bisa jadwal makan kacau, karena terbiasa disiapkan ortu di rumah. Kalau makan tidak teratur, banyak dampak negatifnya. Sakit maag, atau kurang gizi. Kebiasaan mahasiswa bersiap siaga dengan mie instan. Ingat mie intans tidak baik kalau dikonsumsi terlalu sering.

Cuci pakaian, menyetrika, membersihkan kamar, merapikan tempat tidur merupakan pekerjaan rutin mahasiswa. Kecuali Anda kost di tempat yang included pelayanan tersebut,  Anda tidak perlu mengerjakan hal tetek bengek tersebut, namun pasti biaya kostnya mahal. Kalau sakit, anda harus berobat sendiri ke dokter atau beli obat sendiri. Oleh sebab itu anda harus pandai menjaga kesehatan dengan cara mengatur waktu belajar, mengatur waktu tidur, dan mengatur waktu bermain secara seimbang. Mahasiswa di tingkat-tingkat awal biasanya dikagetkan dengan berlimpahnya tugas kuliah. Kalau tidak pandai membagi waktu, bisa-bisa Anda sakit karena begadang menyelesaikan tugas.

Anda juga pasti akan menghabiskan banyak pulsa untuk komunikasi dengan orang tua di rumah, namun dengan teknologi media komunikasi sekarang, yang pasti sangat dikuasai oleh anak-anak SMK Telkom, hal ini tidak menjadi masalah besar. Ada email, ada skype, ada watchup dan berbagai media murah lainnya. Di tempat kost sekarang sudah banyak yang menyediakan hot spot.

Namun kuliah di luar kota banyak sekali suka-nya. Pengalaman di lingkungan yang baru, punya teman baru, punya orang tua baru (bapak/ibu kost), dan sesekali pulang kampung untuk melepaskan rindu adalah event paling menarik.  Di samping itu, di tempat kuliah nanti Anda pasti bertemu dengan kawan dari daerah yang sama, biasanya Anda akan cepat menjadi akrab meskipun bukan satu jurusan, bahkan di banyak perguruan tinggi selalu ada persatuan atau forum komunikasi mahasiswa berdasarkan daerah asal, misalnya KOMBOTEL  (Komunitas Borneo  Telkom) adalah komunitas mahasiswa asal Kalimantan yang ada di Bandung yang  kuliah di IT Telkom, IM Telkom, dan Poltek Telkom.

Bagikan:

About Abdul Karim

Check Also

Suasana UAS Ganjil 2013

UAS hampir tuntas

Besok (17/12/13) insya Allah UAS di SMK Telkom tuntas, tinggal menunggu musim remedial jika memang …

Leave a Reply