Home / News SMK Telkom / MKKS SMK Banjarbaru tetapkan jadwal US

MKKS SMK Banjarbaru tetapkan jadwal US

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se Kota Banjarbaru mengadakan pertemuan di SMK YPK Banjarbaru untuk menyeragamkan jadwal ujian sekolah tahun 2015.

MKKS menyepakati pelaksanaan ujian sekolah serentak tanggal 2 Maret 2015 sampai dengan 11 Maret 2015. Ketua MKKS SMK Banjarbaru Drs. Parjiono, M.Pd (Kepala SMK Negeri 2) menyampaikan bahwa jadwal tersebut harus segera ditetapkan mengingat waktu yang semakin mendesak, padahal Ujian Sekolah harus selesai paling lambat 1 bulan sebelum Ujian Nasional dimulai.

Ketua MKKS SMK Banjarbaru, Drs. Parjiono, M.Pd (kanan) memimpin Musyawarah Kerja Kepala Sekolah di SMK YPK Banjarbaru

Perlu diketahui bahwa Ujian Nasional dilaksanakan pada tanggal 13 April sampai dengan 15 April 2015, sedangkan sampai saat ini Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional belum ditetapkan oleh BSNP (Badan Standarisasi Pendidikan Nasional).

Konfirmasi yang kami lakukan ke BSNP didapat info bahwa POS Ujian Nasional belum dapat dikeluarkan berhubung Peraturan Menteri tentang Ujian Nasional masih belum keluar. Padahal rentetan dari POS tersebut adalah mengenai penggandaan soal, penetapan pihak percetakan soal, distribusi soal  dan lain sebagainya.

Sekretaris MKKS SMK Banjarbaru (Rosehan Anwar / Kepala SMK Negeri 3 Banjarbaru) mengharapkan  bahwa keterlambatan penetapan POS ini mudah-mudahan tidak akan mengganggu jadwal dan kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional.

Perlu diketahui, Presiden Joko Widodo telah menetapkan organisasi baru dan menteri baru di bidang pendidikan, ada perubahan-perubahan kebijakan yang sangat significant. Antara lain pemisahan Pendidikan Tinggi dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk digabung dengan Kementerian Riset dan Teknologi. Di Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan dibentuk Direktorat Jenderal Guru. Di samping itu, Mendikbud Anies Baswedan telah menetapkan penghentian sementara implementasi Kurikulum 2013 khusus bagi sekolah yang baru satu semester menjalankan K-13. Jadi banyak sekolah yang kembali menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 (KTSP-2006), termasuk SMK Telkom.

Bagikan:

About Abdul Karim

Check Also

arga-widiyantoro

Muhammad Arga Widiyantoro Relawan Muda Padamkan Api

Muhammad Arga Widiyantoro atau yang akrab disapa Arga adalah siswa SMK Telkom Banjarbaru yang minggu …

Leave a Reply