Home / Inovasi / Sistem Pemilihan Ketua OSIS ON LINE

Sistem Pemilihan Ketua OSIS ON LINE

Siswa/siswi SMK Telkom Banjarbaru menyiapkan aplikasi on line untuk mendukung penyelenggaraan Pemilihan Ketua OSIS dan Anggota MPK yang akan diselenggarakan pada hari Jumat 9 November nanti, dua hari setelah Pemilihan Presiden Amerika Serikat.

 Tyas Azizah, Ketua OSIS yang bertanggung jawab atas pelaksanaan PILKET OSIS ini menuturkan bahwa beberapa siswa dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sudah mulai bekerja untuk menyiapkan sistim aplikasi berbasis Teknologi Informasi yang akan digunakan untuk pemilihan. Mereka adalah Tirta Surya Alamsyah (Wakil Ketua OSIS), Tyassari Kusumaningsih (Ketua MPK) dan Tyas Azizah (Ketua OSIS). Inisiatif pembuat aplikasi Pencoblosan Ketua OSIS datang dari Tirta karena kepepet dana. Dengan menggunakan aplikasi on line ini, banyak pengeluaran dapat dihemat, khususnya untuk menyediakan kertas surat suara.

Rencananya, Panitia Pilket OSIS akan menyiapkan 6 (enam) buah laptop di lokasi Pemilihan yang ditempatkan di bilik suara. Setiap pemilih akan menentukan pilihannya dengan cara memasukkan nomor induk siswa (NIS) lalu meng-click calon Ketua OSIS dan MPK yang menjadi pilihan mereka. Manfaat dari sistim on line ini sangat banyak, antara lain efisiensi pemakaian kertas (go green minded), dan percepatan penghitungan suara hasil pemilihan.

Ketika ditanya Waka Kesiswaan SMK Telkom tentang keamanan sistim aplikasi yang belum mereka beri nama ini, Tyas menuturkan bahwa sistim yang mereka bangun cukup aman. Fraud yang mungkin terjadi sudah diantisipasi misalnya kalau ada yang coba-coba untuk memilih lebih dari satu kali, atau ada yang coba-coba memakai NIS siswa lain. Semua itu akan ketahuan dengan adanya security control yang mereka pasang.

Saat berita ini diturunkan, kampanye pemilihan ketua OSIS SMK Telkom Banjarbaru sedang ramai dan marak berlangsung dari kelas ke kelas. Sebanyak 6 orang kandidat beradu konsep visi dan misi satu sama lain. Bahkan poster-poster calon Pemimpin OSIS yang baru dua hari lalu lulus dari LDSK  bertebaran penuh warna warni menghiasi MADING SMK Banjarbaru. [ak]

Bagikan:

About admin-skatel

Check Also

WhatsApp Image 2020-02-03 at 18.34.21

Pengumuman Kelulusan PPDB 2020/2021 Periode Januari 2019

Berdasarkan penentuan kelulusan calon peserta didik baru (PPDB) SMK Telkom Banjarbaru Periode Desember Tahun Pelajaran …

Leave a Reply