SMK Telkom Banjarbaru Ciptakan Game Edukasi Untuk Anak-Anak

SMK Telkom Banjarbaru Ciptakan Game Edukasi Untuk Anak-Anak

Lagi-lagi SMK Telkom Banjabaru buktikan diri sebagai Sekolah Unggulan di bidang teknologi. Kali ini pihak SMK Telkom Banjarbaru berhasil menciptakan sebuah aplikasi game bernama 'Berkunjung ke Rumah Rara'.

Game itu dikembangkan oleh Kepala Sekolah SMK Telkom Banjarbaru Dr. Eko Suhartono Drs., M. Si dan salah satu Staff SMK Telkom Banjarbaru Mediana Indah Pertiwi S. Kom dibantu para siswa-siswi SMK Telkom Banjarbaru.

"Game ini bercerita tentang petualangan seorang anak yang ingin pergi berkunjung ke rumah Rara, diperjalanan dia menemui beberapa kendala akibat banjir, kemudian dia juga bertemu dengan binatang di hutan, dan petualangan lainnya hingga sampai di rumah Rara," ucap Mediana Indah Pertiwi S. Kom.

"Game Berkunjung ke Rumah Rara dapat dimainkan di Android dan juga PC dengan cara menginstall aplikasi gamenya serta menggunakan aplikasi pendukung yang cukup sederhana yaitu microsoft powerpoint", tambahnya

Dr. Eko Suhartono Drs., M. Si mengatakan, ide awal pembuatan game ini dikarenakan saat pandemi seperti ini banyak anak yang tidak bisa belajar secara tatap muka. Sehingga diperlukan media baru untuk pembelajaran agar lebih menarik salah satunya lewat media game. Oleh karena itu pihak SMK Telkom Banjarbaru berinisiatif membuat sebuah game sederhana yang diharapkan mampu mengedukasi anak-anak dan juga menyenangkan untuk dimainkan khususnya bagi anak-anak paud.

"Untuk dapat membuat game edukasi anak yang bermanfaat tidak perlu aplikasi yang sulit, cukup menggunakan aplikasi sederhana seperti powerpoint sudah bisa. Ditambah lagi dengan adanya bencana banjir di wilayah Banjarbaru dan Martapura diharapkan game ini dapat digunakan sebagai salah satu solusi trauma healing untuk para anak-anak korban banjir". Tandasnya