Home / News SMK Telkom / Jelang Ujian Nasional

Jelang Ujian Nasional

Guru SMK Telkom sedang asyik mengikuti sosialisasi pengawasan Ujian Nasional 2013 di gedung Widyatama Diknas Kota Banjarbaru jl Haji Idak – Banjarbaru

Selasa, 9 April 2013 bertempat di aula Widyatama, Diknas Kota Banjarbaru melaksanakan sosialisasi Pengawasan Ujian Nasional 2013, dipimpin oleh Ketua Rayon Kota Banjarbaru, khusus untuk pengawas dari Sekolah Menengah Kejuruan. SMK Telkom mengutus 18 orang guru yang telah ditetapkan sebagai Pengawas Ujian Nasional berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru nomor 017 Tahun 2013 tanggal 1 Maret 2013.

Hal yang baru dalam Ujian Nasional Tahun ini adalah jadwal ujian yang lebih awal dari tahun sebelumnya. Tahun lalu ujian dimulai pukul 08.00, tahun ini dimulai pukul 07.30 sehingga para pengawas maupun siswa Ujian Nasional harus bisa datang lebih awal lagi. Perubahan jadwal ini mengharuskan persiapan lebih matang  agar jangan sampai terlambat tiba di sekolah. Siswa yang tinggal relatif jauh dari sekolah harus memperhitungkan segala kemungkinan yang dapat terjadi misalnya hujan. Maklum sekarang ini sedang ramai-ramainya musim hujan.

Penugasan Pengawas ujian ditempatkan secara silang. Guru-guru SMK Telkom yang ditunjuk jadi Pengawas tidak bertugas di sekolahnya melainkan di SMK  lain, sedangkan Pengawas Ujian di SMK Telkom didatangkan dari  SMKN 1 Banjarbaru, SMKN 2 Banjarbaru dan dari SMK Kesehatan Borneo Lestari.  Ruang yang disediakan untuk Ujian Nasional di SMK Telkom sebanyak 9 ruangan yaitu nomor 37 sampai dengan 45. Jumlah siswa yang akan mengikuti ujian sebanyak 164 orang terdiri dari 56 jurusan Teknik Jaringan Akses dan 108 orang jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Di kota Banjarbaru ada 31 Sekolah Menengah terdiri dari 14 Sekolah Menengah Kejuruan dan 17 Sekolah Menengah Umum/Aliyah (9 SMU dan 8 Madrasah Aliyah). Sembilan Sekolah berstatus Negeri dan 22 dikelola swasta.  Secara Nasional total siswa di seluruh Indonesia yang akan ikut ujian tahun ini sekitar 3 juta lebih. Ujian akan berlangsung serentak tanggal 15 sampai 18 April 2013. Pengamanan soal-soal ujian dilakukan seperti tahun lalu yaitu disimpan di Polres. Pagi-pagi pada hari ujian Panitia Sekolah akan mengambil soal di Kantor Polres Banjarbaru, kemudian petugas Polres akan mengawal panitia Sekolah yang membawa soal ujian sampai ke sekolah masing-masing.

Kita doakan semoga para siswa lulus semua. Kalaupun ada yang tidak lulus maka masih tersedia kesempatan untuk ikut  ujian Paket C yang akan diselenggarakan sekitar bulan Juni/Juli tahun ini juga.

Bagikan:

About Abdul Karim

Check Also

WhatsApp Image 2021-03-02 at 12.24.43 PM

Siswa SMK Telkom Banjarbaru Juara Dalam Ajang Graphics Design Technolgy Indonesia

Muhammad Harun Arrasyid Dimasa pandemi seperti sekarang banyak orang memilih untuk berdiam diri dan minim …

Leave a Reply