Home / News SMK Telkom / Ketua BNSP Resmikan TUK SMK Telkom Banjarbaru

Ketua BNSP Resmikan TUK SMK Telkom Banjarbaru

Banjarbaru (15/7/14). Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi DR. H. Adjat Darajat, M.Si meresmikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) di SMK Telkom Banjarbaru. TUK ini khusus untuk mengujian kompetensi bidang Teknisi dan Instalasi Fiber Optic (TIFO). Pemilik TUK  ini adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) milik PT Telkom yang ditempatkan di SMK Telkom Banjarbaru. Fungsi TUK adalah untuk menguji kompetensi seseorang pada bidang tertentu, hasilnya berupa pengakuan atas kompetensi seseorang yang kemudian dinyatakan dalam bentuk sertifikat kompetensi.

Seseorang yang memiliki kompetensi yang sudah disertifikasi, tentu akan lebih mudah memenangkan kompetisi dalam merebut pasar kerja, karena industri akan menyerap tenaga kerja yang sudah memiliki kepastian kompetensi. Lebih-lebih nanti dalam era masayarakat ekonomi Asean dimana persaingan tenaga kerja dalam merebut pasar kerja akan semakin ketat karena tenaga kerja negara-negara Asean bebas mencari kerja di negara Asean lainnya.

Kehadiran tempat Uji Kompetensi di tengah-tengah masyarakat akan membantu dunia industri yang berkeinginan menyetandarkan kompetensi tenaga kerja existing maupun bagi masyarakat yang ingin mendapat pengakuan resmi dari negara atas kompetensi yang mereka miliki.

Semua itu terungkap dari arahan Ketua Badan Sertifikasi Profesi DR. H. Adjat Darajat, M.Si dalam peresmian Tempat Uji Kompetensi SMK Telkom Banjarbaru, Jl. P. Suriansyah No 3 Banjarbaru. Pada bagian lain, Rina D. Pasaribu Direktur Telkom Profesional Certification Center (TPCC)  mengungkapkan bahwa lembaga yang dipimpinnya itu adalah lembaga sertifikasi yang mengelola tempat-tempat Uji Kompetensi yang tersebar di banyak kota untuk mewujudkan komitmen Telkom dalam meningkatkan profisionalisme khususnya karyawan Telkom, karyawan Telkom Grup, Mitra Kerja Telkom dan industri yang terkait dengan Telkom.

kru TUK SK2TEL : Ahmad Banin (Ketua), Dwi Susanto (Assesor), Ahmad Taufik (Manager Mutu), Margy (Staff Administrasi)

Adapun TUK di SMK Telkom Banjarbaru, sebelum diresmikan oleh Ketua BNSP, terlebih dahulu diaudit oleh TPCC untuk memastikan bahwa TUK ini memenuhi syarat dan standar sebagai Tempat Uji Kompetensi. Audit telah dilaksanakan pada bulan April lalu dan telah dinyatakan lulus. TUK mempunyai struktur kepengurusan terdiri dari Ketua (Ahmad Banin/Kaprodi TJA), Manager Teknik (Dwi Susanto), Manager Mutu (Ahmad Taufik) dan Petugas Administrasi (Ibu Margy).

Bagikan:

About Abdul Karim

Check Also

JADWAL

PENGUMUMAN JADWAL SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Berikut kami sampaikan Tata Laksana KBM Tahun Pelajaran 2020/2021 untuk siswa baru Angkatan 22 (kelas …

Leave a Reply